Saturday, April 7, 2018

Berbagi file antara dua atau lebih komputer pada jaringan yang sama

April 07, 2018


Berbagi file antara dua atau lebih komputer pada jaringan yang sama- mudah. Semua yang harus Anda lakukan adalah mengatur workgroup menggunakan sistem Anda jaringan file opsi berbagi atau menggunakan metode kabel LAN yang populer. Tetapi metode ini memiliki keterbatasan mereka sendiri. yaitu, baik mesin harus di tempat yang sama atau setidaknya pada jaringan yang sama.

Tapi, bagaimana jika Anda ingin jarak jauh mengakses file di komputer Anda? Seperti browsing file pada komputer di rumah dari kantor laptop atau bahkan dari smartphone Anda?

Kami telah membuat daftar semua kemungkinan cara untuk mengakses file komputer jarak jauh. Meskipun semua metode berikut bebas, bekerja pada hampir setiap platform, dan memiliki batasan bandwidth, beberapa metode memerlukan komputer host dapat diaktifkan dan terhubung ke Internet sepanjang waktu. Jika tidak, Anda tidak dapat mengakses file Anda melalui internet.

Related: Bagaimana untuk berbagi file antara dua komputer yang menggunakan WiFi

Jarak jauh mengakses file komputer Anda
1. awan layanan penyimpanan
Layanan backup online seperti OneDrive, Google Drive, Dropbox, dll menyediakan cara yang mudah untuk file akses dari mana saja. Hanya membuat account gratis (hampir setiap awan layanan menawarkan penyimpanan 10 GB gratis) dan meng-upload file yang diperlukan. Setelah meng-upload, Anda dapat mengakses file dan folder dari jarak jauh. Semua yang harus Anda lakukan adalah login ke account Anda dari browser web manapun. Anda akan menemukan semua file Anda di sana.

Untuk pengguna Google Drive
Jika Anda menggunakan Goole Drive, maka Anda tidak perlu secara manual menambahkan file atau folder ke folder Google Drive. Cukup klik kanan folder yang ingin Anda sinkron dengan Google Drive dan pilih opsi "Google Drive > sinkronisasi folder ini." Tindakan ini akan sync folder dengan Google Drive.

Setelah sinkronisasi, Anda dapat mengaksesnya dengan membuka halaman Google Drive di browser favorit Anda dan kemudian navigasi ke tab "Komputer" pada panel kiri.

Untuk pengguna OneDrive
OneDrive memungkinkan Anda mengakses semua komputer file dan folder Anda tanpa sebenarnya syncing mereka dengan awan. Untuk mengakses drive komputer Anda menggunakan OneDrive, membuka jendela pengaturan OneDrive dengan mengklik kanan pada ikon OneDrive di taskbar dan memilih opsi "Pengaturan."

Di jendela pengaturan, menavigasi ke "Pengaturan" tab dan pilih kotak centang "Biarkan aku menggunakan OneDrive untuk mengambil salah satu file saya di PC ini."

Thats it. Dari titik ini ke depan, Anda dapat mengakses salah satu file pada komputer Anda dari OneDrive's web app menggunakan browser apapun di komputer manapun. Semua yang harus Anda lakukan adalah memilih opsi "PC" yang muncul di sidebar kiri. Melakukan pikiran yang Anda butuhkan untuk memiliki komputer Anda diaktifkan dan terhubung ke internet untuk metode ini untuk bekerja.

Pros: mudah digunakan, aman, akses file jarak jauh tanpa perlu mesin host tetap (tidak berlaku untuk metode OneDrive yang dibahas di atas).

Cons: Anda hanya mendapatkan ruang terbatas pada setiap layanan penyimpanan cloud. Hal ini tidak mungkin untuk mengkloning seluruh hard drive ke internet.

2. khusus NAS perangkat
NAS (network-attached storage) perangkat yang seperti pengaturan penyimpanan cloud pribadi Anda. Menganggapnya sebagai hard drive eksternal yang besar terhubung ke jaringan rumah Anda. Anda menyimpan semua file Anda di NAS dan mengaksesnya melalui internet dan ketika diperlukan. Metode ini sangat bagus untuk file sharing dan cadangan beberapa komputer. Jika Anda ingin, Anda bahkan dapat mengkonfigurasi NAS Anda untuk file akses melalui FTP dan/atau web browser.

Beberapa perangkat NAS tidak memiliki akses remote ini diaktifkan secara default, tapi satu dapat dengan mudah maju Port untuk membuat antarmuka web yang dapat diakses di internet. Kecuali Anda tahu cara benar mengkonfigurasi NAS untuk akses internet, hal ini tidak teknik yang aman. Khususnya untuk pemula.

Pros: Akses file jarak jauh tanpa perlu dipelihara mesin host. NAS harus berubah tidak ada dan dapat mengakses internet bagi Anda untuk mengambil file, meskipun.

Cons: NAS mahal dan dirancang untuk menjadi diakses dari jaringan lokal. FTP terpencil tidak boleh satu-satunya alasan mengapa Anda harus membeli NAS. Tetapi jika Anda belum memilikinya, maka masuk akal untuk menggunakannya untuk mengambil file jarak jauh melalui internet.

3. router dengan USB Port
Opsi berbagi file remote yang lain adalah untuk menghubungkan USB flash drive ke router rumah. Beberapa router dilengkapi dengan port USB dimana Anda bisa pasang di drive eksternal atau pen drive dan kemudian mengakses semua isinya dari mana saja di dunia. Untuk mendapatkan setup ini bekerja, Anda perlu mengaktifkan berbagi terpencil dan setup dynamic DNS pada router Anda. Biasanya, hal ini sulit untuk setup (jika Anda tidak akrab dengan jaringan rumah) tapi video berikut akan memberi Anda ide yang baik.

Pros: Akses file jarak jauh tanpa harus menyalakan mesin host. Lebih murah daripada NAS.

Cons: Kebanyakan konsumen router internet file berbagi fitur tidak aman.

Related: Cara mengakses router Anda dari jarak jauh

4. vpn
Pilihan lain yang baik untuk mengakses file PC Anda dari jauh adalah menyiapkan sebuah VPN server pada komputer Anda. Menggunakan VPN itu, maka Anda dapat mengakses file di komputer Anda seperti yang Anda akan lakukan pada jaringan lokal Anda. Ketika dikonfigurasi dengan benar, VPN membuat Anda menghitung jarak jauh

Thanks for reading Berbagi file antara dua atau lebih komputer pada jaringan yang sama

Related Posts

Your Comments

No comments:

Post a Comment

Cari Wacana

Copyright © Titik Wacana. All rights reserved. Template by CB Blogger