Thursday, February 27, 2020

Kenapa Penumpang Pesawat Dilarang Berpindah-Pindah Tempat Duduk

February 27, 2020

KENAPA PENUMPANG PESAWAT DILARANG BERPINDAH-PINDAH KURSI?   ketika kita akan terbang di pesawat nah, ini banyak sekali orang yang bertanya guys  pada dasarnya, semua pesawat itu  dibuat dengan limitasi guys  misalnya pesawat ini, tidak boleh diterbangkan  lebih dari kecepatan tertentu  dan tidak boleh diterbangkan  kurang dari kecepatan tertentu.
Tema hari ini adalah KENAPA PENUMPANG PESAWAT DILARANG BERPINDAH-PINDAH KURSI? ketika kita akan terbang di pesawat nah, ini banyak sekali orang yang bertanya guys  pada dasarnya, semua pesawat itu  dibuat dengan limitasi guys  misalnya pesawat ini, tidak boleh diterbangkan  lebih dari kecepatan tertentu  dan tidak boleh diterbangkan  kurang dari kecepatan tertentu  kalau kita terbangkan lebih dari kecepatan tersebut,  pesawat ini "airframe"-nya, rangkanya  tidak kuat menahan  dan terancam kerusakan struktural  itu sangat mengkhawatirkan guys,  itu nggak ada obat  jangan sampai juga, menerbangkan pesawat  dibawah dari kecepatan tertentu  karena dia terancam kehilangan daya angkat  dan ๐˜ด๐˜ต๐˜ข๐˜ญ๐˜ญ  itu namanya jatuh seperti..  jatuh, nggak bisa disetir lagi  ๐˜ง๐˜ญ๐˜ช๐˜จ๐˜ฉ๐˜ต ๐˜ค๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ญ-nya diputer-puter juga  nggak efektif  karena limitasi itu dibuat untuk dijaga  karena setiap pesawat memiliki bentuk yang berbeda  karena bentuknya berbeda,  juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda  ada yang ๐˜ด๐˜ต๐˜ข๐˜ญ๐˜ญ di kecepatan tertentu,  ada yang ๐˜ด๐˜ต๐˜ข๐˜ญ๐˜ญ di derajat kemiringan tertentu,  macam-macam  lain pesawat, lain  kita nggak bisa beri perlakuan yang sama  kita bicara limitasi yang utama adalah  ๐˜ž๐˜ฆ๐˜ช๐˜จ๐˜ฉ๐˜ต ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ ๐˜‰๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ค๐˜ฆ  (Berat dan Keseimbangan)  nah ini merupakan topik yang sangat penting  bagi seorang pilot  mulai dari siswa pilot, pilot komersil,  ataupun ๐˜ˆ๐˜ช๐˜ณ๐˜ญ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ฆ ๐˜›๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ด๐˜ฑ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ต ๐˜—๐˜ช๐˜ญ๐˜ฐ๐˜ต  seperti saya, kapten di pesawat-pesawat besar  'Weight and Balance' tidak akan pernah berubah  di dalam 'Weight and Balance', kita memiliki  dua aspek yang utama dan terpenting  ketika kita harus mengkalkulasi apa yang ada  di dalam pesawat kita  kita harus ketahui berapa beratnya,  kita harus ketahui juga, di mana CG-nya  ( ๐˜Š๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ณ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜Ž๐˜ณ๐˜ข๐˜ท๐˜ช๐˜ต๐˜บ - pusat gravitasi )  karena kita akan memiliki berat maksimal untuk terbang  berat maksimal untuk mendarat  meskipun itu angkanya berbeda  begitu pula dengan CG,  ๐˜Š๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ณ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜Ž๐˜ณ๐˜ข๐˜ท๐˜ช๐˜ต๐˜บ  ada maksimalnya dan minimalnya untuk ๐˜ต๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฆ ๐˜ฐ๐˜ง๐˜ง  dan juga ada maksimal dan minimalnya untuk ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ  kalian sudah ketahui sekarang,  pesawat ada limitasinya  nah bagaimana seorang pilot menjaga  muatan pesawatnya  agar jangan sampai terlalu berat di belakang  ataupun berat di depan  apa sih yang dikhawatirkan oleh seorang pilot  ketika mereka terbang keluar dari CG  misalnya ya, ketika pesawat ๐˜ต๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฆ ๐˜ฐ๐˜ง๐˜ง  kalau pesawat itu muatannya berat di belakang,  dan kelebihan beban  ketika pesawat itu ๐˜ต๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฆ ๐˜ฐ๐˜ง๐˜ง,  dan entah bagaimana dia terkena ๐˜ด๐˜ต๐˜ข๐˜ญ๐˜ญ  input ๐˜ง๐˜ญ๐˜ช๐˜จ๐˜ฉ๐˜ต ๐˜ค๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ญ kita,  kita dorong untuk keluar dari kondisi ๐˜ด๐˜ต๐˜ข๐˜ญ๐˜ญ itu  itu sangat berat, bahkan tidak mungkin  karena pesawat ini sudah terlalu berat belakang  apapun yang kamu buat,  tidak bisa menyelamatkan pesawat itu  nah, itu yang kita khawatirkan  keseimbangan gravitasi ini jangan sampai  ada di tempat yang salah  di mana sih tempat keseimbangan yang seharusnya?  tempat keseimbangan seharusnya adalah  selama itu di dalam limitasi  nah itu saja jawabannya  selama itu di dalam limitasi,  kita bisa mengoperasikan pesawat ini dengan baik  berikut juga kepada pilotnya  ketika CG tertentu, kita harus  menambahkan kecepatan kita  kita juga harus mengurangi, misalnya  ๐˜ง๐˜ญ๐˜ฆ๐˜น๐˜ช๐˜ฃ๐˜ญ๐˜ฆ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ต๐˜ถ๐˜ณ๐˜ฆ-nya,  ini salah satu prosedur bagi pilot  yang untuk dilakukan di depan  tapi terlepas dari itu  kita harus menjaga limitasi mulai dari berat  dan titik pusat gravitasi  bicara mengenai berat,  seperti yang saya informasikan kepada kalian  bahwa ketika kita ๐˜ต๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฆ ๐˜ฐ๐˜ง๐˜ง  bisa saja kita memiliki berat maksimum yang berbeda  misalnya di pesawat Airbus, ada yang 73.500 kg  dan limitasi ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ, tidak boleh kurang dari  misalnya 64.500 kg  ada juga yang 66 ton  tergantung dari sertifikasi dari pesawat tersebut  makanya kalian bisa melihat ya,  bahwa pesawat itu terbang didalam  koridor limitasi yang sudah dibuat  oh ya guys, sebelum kita memulai  ada sedikit informasi  yang ingin saya sampaikan  kepada kalian semua nih  buat kalian semua yang ingin melakukan ๐˜ต๐˜ณ๐˜ข๐˜ท๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ  dalam waktu dekat ini  kalau kalian membutuhkan perlengkapan ๐˜ต๐˜ณ๐˜ข๐˜ท๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ,  itu paling lengkap dan komplit ada di Tokopedia guys,  harganya juga paling murah di sana  mulai dari rendah hingga tinggi,  semuanya komplit  tinggal klik aja link yang ada di kotak deskripsi  di bawah video ini untuk informasi lebih lanjut  klik aja link-nya ya ๐Ÿ˜‰  nah jadi alasan utama kalian tidak boleh  berpindah-pindah tempat ketika akan ๐˜ต๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฆ ๐˜ฐ๐˜ง๐˜ง adalah  dikhawatirkan  yang tadinya sudah ada orang yang menjaga  misalnya seorang ๐˜“๐˜ฐ๐˜ข๐˜ฅ ๐˜”๐˜ข๐˜ด๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ sudah menentukan nih  kargo ini ditempatkan di kompartemen depan  lalu kargo ini yang ringan di belakang,  karena penumpangnya di sini,  supaya dia seimbang  supaya titik (gravitasi)-nya di tengah, maju dikit  oke lah,  itu sudah diatur dengan baik  namun apabila kalian berpindah-pindah tempat sendiri  bisa saja CG ini,  ๐˜›๐˜ฉ๐˜ฆ ๐˜Š๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ณ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜Ž๐˜ณ๐˜ข๐˜ท๐˜ช๐˜ต๐˜บ  yang sudah ditentukan oleh ๐˜“๐˜ฐ๐˜ข๐˜ฅ ๐˜”๐˜ข๐˜ด๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ itu  keluar dari limitasi dan berakibat fatal guys  jadi guys, semoga informasi ini  dapat mencerahkan kalian  dan memberikan informasi seputar  Dunia Penerbangan
pesawat terbang

Kalau kita terbangkan lebih dari kecepatan tersebut,  pesawat ini "airframe"-nya, rangkanya  tidak kuat menahan  dan terancam kerusakan struktural  itu sangat mengkhawatirkan guys,  itu nggak ada obat  jangan sampai juga, menerbangkan pesawat  dibawah dari kecepatan tertentu  karena dia terancam kehilangan daya angkat  dan ๐˜ด๐˜ต๐˜ข๐˜ญ๐˜ญ  itu namanya jatuh seperti

Jatuh, nggak bisa disetir lagi  ๐˜ง๐˜ญ๐˜ช๐˜จ๐˜ฉ๐˜ต ๐˜ค๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ญ-nya diputer-puter juga  nggak efektif  karena limitasi itu dibuat untuk dijaga  karena setiap pesawat memiliki bentuk yang berbeda  karena bentuknya berbeda,  juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda  ada yang ๐˜ด๐˜ต๐˜ข๐˜ญ๐˜ญ di kecepatan tertentu,  ada yang ๐˜ด๐˜ต๐˜ข๐˜ญ๐˜ญ di derajat kemiringan tertentu,  macam-macam  lain pesawat, lain  kita nggak bisa beri perlakuan yang sama  kita bicara limitasi yang utama adalah  ๐˜ž๐˜ฆ๐˜ช๐˜จ๐˜ฉ๐˜ต ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ ๐˜‰๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ค๐˜ฆ  (Berat dan Keseimbangan).

Nah ini merupakan topik yang sangat penting  bagi seorang pilot  mulai dari siswa pilot, pilot komersil,  ataupun ๐˜ˆ๐˜ช๐˜ณ๐˜ญ๐˜ช๐˜ฏ๐˜ฆ ๐˜›๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ด๐˜ฑ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ต ๐˜—๐˜ช๐˜ญ๐˜ฐ๐˜ต  seperti saya, kapten di pesawat-pesawat besar  'Weight and Balance' tidak akan pernah berubah  di dalam 'Weight and Balance', kita memiliki  dua aspek yang utama dan terpenting  ketika kita harus mengkalkulasi apa yang ada  di dalam pesawat kita  kita harus ketahui berapa beratnya,  kita harus ketahui juga, di mana CG-nya  ( ๐˜Š๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ณ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜Ž๐˜ณ๐˜ข๐˜ท๐˜ช๐˜ต๐˜บ - pusat gravitasi )  karena kita akan memiliki berat maksimal untuk terbang  berat maksimal untuk mendarat  meskipun itu angkanya berbeda  begitu pula dengan CG,  ๐˜Š๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ณ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜Ž๐˜ณ๐˜ข๐˜ท๐˜ช๐˜ต๐˜บ  ada maksimalnya dan minimalnya untuk ๐˜ต๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฆ ๐˜ฐ๐˜ง๐˜ง  dan juga ada maksimal dan minimalnya untuk ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ.

Kalian sudah ketahui sekarang,  pesawat ada limitasinya  nah bagaimana seorang pilot menjaga  muatan pesawatnya  agar jangan sampai terlalu berat di belakang  ataupun berat di depan  apa sih yang dikhawatirkan oleh seorang pilot  ketika mereka terbang keluar dari CG  misalnya???

Ketika pesawat ๐˜ต๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฆ ๐˜ฐ๐˜ง๐˜ง  kalau pesawat itu muatannya berat di belakang,  dan kelebihan beban  ketika pesawat itu ๐˜ต๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฆ ๐˜ฐ๐˜ง๐˜ง,  dan entah bagaimana dia terkena ๐˜ด๐˜ต๐˜ข๐˜ญ๐˜ญ  input ๐˜ง๐˜ญ๐˜ช๐˜จ๐˜ฉ๐˜ต ๐˜ค๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ญ kita,  kita dorong untuk keluar dari kondisi ๐˜ด๐˜ต๐˜ข๐˜ญ๐˜ญ itu  itu sangat berat, bahkan tidak mungkin  karena pesawat ini sudah terlalu berat belakang  apapun yang kamu buat,  tidak bisa menyelamatkan pesawat itu  nah, itu yang kita khawatirkan  keseimbangan gravitasi ini jangan sampai  ada di tempat yang salah  di mana sih tempat keseimbangan yang seharusnya? 

Tempat keseimbangan seharusnya adalah  selama itu di dalam limitasi  nah itu saja jawabannya  selama itu di dalam limitasi,  kita bisa mengoperasikan pesawat ini dengan baik  berikut juga kepada pilotnya  ketika CG tertentu, kita harus  menambahkan kecepatan kita  kita juga harus mengurangi, misalnya  ๐˜ง๐˜ญ๐˜ฆ๐˜น๐˜ช๐˜ฃ๐˜ญ๐˜ฆ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ข๐˜ต๐˜ถ๐˜ณ๐˜ฆ-nya,  ini salah satu prosedur bagi pilot  yang untuk dilakukan di depan  tapi terlepas dari itu  kita harus menjaga limitasi mulai dari berat  dan titik pusat gravitasi  bicara mengenai berat,  seperti yang saya informasikan kepada kalian  bahwa ketika kita ๐˜ต๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฆ ๐˜ฐ๐˜ง๐˜ง  bisa saja kita memiliki berat maksimum yang berbeda  misalnya di pesawat Airbus, ada yang 73.500 kg  dan limitasi ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ, tidak boleh kurang dari  misalnya 64.500 kg  ada juga yang 66 ton.

tergantung dari sertifikasi dari pesawat tersebut  makanya kalian bisa melihat ya,  bahwa pesawat itu terbang didalam  koridor limitasi yang sudah dibuat  oh ya guys, 

Nah jadi alasan utama kalian tidak boleh  berpindah-pindah tempat ketika akan ๐˜ต๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฆ ๐˜ฐ๐˜ง๐˜ง adalah  dikhawatirkan  yang tadinya sudah ada orang yang menjaga  misalnya seorang ๐˜“๐˜ฐ๐˜ข๐˜ฅ ๐˜”๐˜ข๐˜ด๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ sudah menentukan nih  kargo ini ditempatkan di kompartemen depan  lalu kargo ini yang ringan di belakang,  karena penumpangnya di sini,  supaya dia seimbang  supaya titik (gravitasi)-nya di tengah, maju dikit  oke lah,  itu sudah diatur dengan baik  namun apabila kalian berpindah-pindah tempat sendiri  bisa saja CG ini,  ๐˜›๐˜ฉ๐˜ฆ ๐˜Š๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ณ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ฐ๐˜ง ๐˜Ž๐˜ณ๐˜ข๐˜ท๐˜ช๐˜ต๐˜บ  yang sudah ditentukan oleh ๐˜“๐˜ฐ๐˜ข๐˜ฅ ๐˜”๐˜ข๐˜ด๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ itu  keluar dari limitasi dan berakibat fatal guys  jadi guys,

 semoga informasi ini  dapat mencerahkan kalian  dan memberikan informasi seputar  Dunia Penerbangan



source:https://www.youtube.com/watch?v=2I6lONHiBKw

Thanks for reading Kenapa Penumpang Pesawat Dilarang Berpindah-Pindah Tempat Duduk

Related Posts

Your Comments

No comments:

Post a Comment

Cari Wacana

Copyright ยฉ 2025 Titik Wacana. All rights reserved. Template by CB Blogger