KENAPA
PENUMPANG PESAWAT DILARANG BERPINDAH-PINDAH KURSI? ketika kita akan terbang
di pesawat nah, ini banyak sekali orang yang bertanya guys pada dasarnya, semua pesawat itu dibuat dengan limitasi guys misalnya pesawat ini, tidak boleh
diterbangkan lebih dari kecepatan
tertentu dan tidak boleh diterbangkan kurang dari kecepatan tertentu.
![]() |
pesawat terbang |
Kalau kita terbangkan lebih dari kecepatan
tersebut, pesawat ini
"airframe"-nya, rangkanya tidak
kuat menahan dan terancam kerusakan
struktural itu sangat mengkhawatirkan
guys, itu nggak ada obat jangan sampai juga, menerbangkan pesawat dibawah dari kecepatan tertentu karena dia terancam kehilangan daya angkat dan ๐ด๐ต๐ข๐ญ๐ญ itu namanya jatuh seperti
Jatuh, nggak bisa disetir lagi ๐ง๐ญ๐ช๐จ๐ฉ๐ต
๐ค๐ฐ๐ฏ๐ต๐ณ๐ฐ๐ญ-nya
diputer-puter juga nggak efektif karena limitasi itu dibuat untuk dijaga karena setiap pesawat memiliki bentuk yang
berbeda karena bentuknya berbeda, juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda ada yang ๐ด๐ต๐ข๐ญ๐ญ
di kecepatan tertentu, ada yang ๐ด๐ต๐ข๐ญ๐ญ
di derajat kemiringan tertentu, macam-macam lain pesawat, lain kita nggak bisa beri perlakuan yang sama kita bicara limitasi yang utama adalah ๐๐ฆ๐ช๐จ๐ฉ๐ต
๐ข๐ฏ๐ฅ
๐๐ข๐ญ๐ข๐ฏ๐ค๐ฆ (Berat dan Keseimbangan).
Nah ini merupakan topik yang sangat penting bagi seorang pilot mulai dari siswa pilot, pilot komersil, ataupun ๐๐ช๐ณ๐ญ๐ช๐ฏ๐ฆ
๐๐ณ๐ข๐ฏ๐ด๐ฑ๐ฐ๐ณ๐ต
๐๐ช๐ญ๐ฐ๐ต seperti saya, kapten di pesawat-pesawat besar 'Weight and Balance' tidak akan pernah
berubah di dalam 'Weight and Balance',
kita memiliki dua aspek yang utama dan
terpenting ketika kita harus
mengkalkulasi apa yang ada di dalam
pesawat kita kita harus ketahui berapa
beratnya, kita harus ketahui juga, di
mana CG-nya ( ๐๐ฆ๐ฏ๐ต๐ณ๐ข๐ญ
๐ฐ๐ง
๐๐ณ๐ข๐ท๐ช๐ต๐บ
- pusat gravitasi ) karena kita akan
memiliki berat maksimal untuk terbang berat
maksimal untuk mendarat meskipun itu
angkanya berbeda begitu pula dengan CG, ๐๐ฆ๐ฏ๐ต๐ณ๐ข๐ญ
๐ฐ๐ง
๐๐ณ๐ข๐ท๐ช๐ต๐บ ada maksimalnya dan minimalnya untuk ๐ต๐ข๐ฌ๐ฆ
๐ฐ๐ง๐ง dan juga ada maksimal dan minimalnya untuk ๐ญ๐ข๐ฏ๐ฅ๐ช๐ฏ๐จ.
Kalian sudah ketahui sekarang, pesawat ada limitasinya nah bagaimana seorang pilot menjaga muatan pesawatnya agar jangan sampai terlalu berat di belakang ataupun berat di depan apa sih yang dikhawatirkan oleh seorang pilot ketika mereka terbang keluar dari CG misalnya???
Ketika pesawat ๐ต๐ข๐ฌ๐ฆ
๐ฐ๐ง๐ง kalau pesawat itu muatannya berat di
belakang, dan kelebihan beban ketika pesawat itu ๐ต๐ข๐ฌ๐ฆ
๐ฐ๐ง๐ง, dan entah bagaimana dia terkena ๐ด๐ต๐ข๐ญ๐ญ input ๐ง๐ญ๐ช๐จ๐ฉ๐ต
๐ค๐ฐ๐ฏ๐ต๐ณ๐ฐ๐ญ
kita, kita dorong untuk keluar dari
kondisi ๐ด๐ต๐ข๐ญ๐ญ itu itu sangat berat, bahkan tidak mungkin karena pesawat ini sudah terlalu berat
belakang apapun yang kamu buat, tidak bisa menyelamatkan pesawat itu nah, itu yang kita khawatirkan keseimbangan gravitasi ini jangan sampai ada di tempat yang salah di mana sih tempat keseimbangan yang
seharusnya?
Tempat keseimbangan
seharusnya adalah selama itu di dalam
limitasi nah itu saja jawabannya selama itu di dalam limitasi, kita bisa mengoperasikan pesawat ini dengan
baik berikut juga kepada pilotnya ketika CG tertentu, kita harus menambahkan kecepatan kita kita juga harus mengurangi, misalnya ๐ง๐ญ๐ฆ๐น๐ช๐ฃ๐ญ๐ฆ
๐ต๐ฆ๐ฎ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ข๐ต๐ถ๐ณ๐ฆ-nya, ini salah satu prosedur bagi pilot yang untuk dilakukan di depan tapi terlepas dari itu kita harus menjaga limitasi mulai dari berat dan titik pusat gravitasi bicara mengenai berat, seperti yang saya informasikan kepada kalian bahwa ketika kita ๐ต๐ข๐ฌ๐ฆ
๐ฐ๐ง๐ง bisa saja kita memiliki berat maksimum yang
berbeda misalnya di pesawat Airbus, ada
yang 73.500 kg dan limitasi ๐ญ๐ข๐ฏ๐ฅ๐ช๐ฏ๐จ,
tidak boleh kurang dari misalnya 64.500
kg ada juga yang 66 ton.
tergantung dari sertifikasi dari pesawat
tersebut makanya kalian bisa melihat ya, bahwa pesawat itu terbang didalam koridor limitasi yang sudah dibuat oh ya guys,
Nah
jadi alasan utama kalian tidak boleh berpindah-pindah
tempat ketika akan ๐ต๐ข๐ฌ๐ฆ ๐ฐ๐ง๐ง
adalah dikhawatirkan yang tadinya sudah ada orang yang menjaga misalnya seorang ๐๐ฐ๐ข๐ฅ
๐๐ข๐ด๐ต๐ฆ๐ณ
sudah menentukan nih kargo ini
ditempatkan di kompartemen depan lalu
kargo ini yang ringan di belakang, karena
penumpangnya di sini, supaya dia
seimbang supaya titik (gravitasi)-nya di
tengah, maju dikit oke lah, itu sudah diatur dengan baik namun apabila kalian berpindah-pindah tempat
sendiri bisa saja CG ini, ๐๐ฉ๐ฆ ๐๐ฆ๐ฏ๐ต๐ณ๐ข๐ญ
๐ฐ๐ง
๐๐ณ๐ข๐ท๐ช๐ต๐บ yang sudah ditentukan oleh ๐๐ฐ๐ข๐ฅ
๐๐ข๐ด๐ต๐ฆ๐ณ
itu keluar dari limitasi dan berakibat
fatal guys jadi guys,
semoga informasi
ini dapat mencerahkan kalian dan memberikan informasi seputar Dunia Penerbangan
source:https://www.youtube.com/watch?v=2I6lONHiBKw
Thanks for reading Kenapa Penumpang Pesawat Dilarang Berpindah-Pindah Tempat Duduk
No comments:
Post a Comment