Wednesday, February 26, 2020

KETIKA ADA ORANG YANG MENGHINAMU

February 26, 2020

Cara menanggapi ketika kita di caci, di hina, di cemooh walaupun kita tidak salah

ketika dicaci dan dihina
ketika dicaci dan dihina


Setiap manusia di ciptakan berbeda beda, pasti akan mempunyai pikiran dan pendapat yang berbeda pula dengan orang lain, tetapi itu bukanlah suatu alasan yang dapat digunakan untuk mengecam, mencaci, dan mencela orang lain yang mempunyi pendapat yang berbeda dengan dirinya.


kita tidak bisa mengendalikan mereka, kita hanya bisa merespon orang tersebut, respon kita lah yang akan menentukan,
lantas bagaimana cara menanggapi ketika kita di caci, di hina, di cemooh walaupun kita tidak salah?


Ada sebuah cerita antara pemuda dan guru yang mempunyai pendapat yang berbeda, karena berbeda pendapat akhirnya pemuda itu pun kesal dengan guru tersebut, pemuda itu meluapkan kemarahan dan kebenciannya kepada sang guru, pemuda itu berbicara kasar dan keras kepada sang guru, pemuda  terus berbicara, dan guru yang bijak tersebut hanya diam,tenang, dan tidak mengeluarkan kata kata sedikitpun mendengarkan cemoohanan pemuda tersebut.

setelah pemuda tersebut pergi,  ada seorang murid dari guru tersbut bertanya, mengapa guru hanya diam saja ketika  dihina, dicaci, dan di rendahkan kenapa tidak membalas pemuda tersebut,

guru pun kembali bertanya kepada muridnya

jika ada sesorang memberikan kamu sesuatu dan kamu tidak menerimanya, jadi milik siapakah pemberian itu? benar, pemberian tersebut akan kembali pada pemilik yang memeberikannya,

begitu pula dengan kata-kata kasar yang di berikan pemuda ke guru, karena saya tidak menerima kata kata kasar itu, maka kata kata itu akan kembali ke pemuda tesebut, jawab guru.

sama hal nya ketika kamu akan mengotori birunya langit yang indah dengan ludahmu, itu akan sia sia, ludah itu akan kembali dan mengenai wajahmu sendiri.

jadi ketika ada seseorang diluar sana yang sedang marah-marah kepadamu, menghinamu, memakimu biarkan saja, karena mereka sedang membuang sampah yang ada di dalam hati mereka. jika kamu diam saja, maka sampah itu akan kembali pada diri mereka sendiri

ketika ada seseorang yang memberikanmu hal-hal yan gnegatif, jangan terima pemberian tersebut, maka hal negatif itu akan kembali pada dirinya sendiri.

"Ketika kamu sulit untuk menghargai, setidaknya janganlah kamu menghina, ketika belum bisa memuji, janganlah menghujat"










source : merry riana

Thanks for reading KETIKA ADA ORANG YANG MENGHINAMU

Related Posts

Your Comments

No comments:

Post a Comment

Cari Wacana

Copyright © Titik Wacana. All rights reserved. Template by CB Blogger