Thursday, March 1, 2018

Mengapa Susunan Tombol Huruf Keyboard QWERTY?

March 01, 2018

Mengapa Susunan Tombol Huruf Keyboard Komputer QWERTY


Mengapa Susunan Tombol Huruf Keyboard Komputer QWERTY -Apa kamu disini tidak jarang bermain laptop atau komputer? Jaman kini ini pasti  lebih memanfaatkan komputer guna melakukan pekerjaan atau kegiatan saat ini. Misalkan dengan menggali informasi, menciptakan sebuah data, mengetik, bermain game, internet, dan programming.

Komputer terdiri atas Monitor, Keyboard, CPU, Mouse, dan perangkat alat input serta output lainnya. Monitor ialah media untuk memperlihatkan data, keyboard ialah media guna mengetik dan mengirim data, CPU ialah tempat pemrosesan data dan Mouse guna menggerakkan pointer dan memilih / mengklik klik menu yang terdapat di monitor.

Mengapa Susunan Keyboard Komputer QWERTY?


Yang ingin saya kali ini bahas ialah Keyboard. Coba simaklah keyboard laptop kamu pasti terdapat tidak sedikit tombol tombol yang berupa angka, simbol, huruf, karakter, fungsi, dan beda lain. Tapi, apakah kamu perhatikan kalau susunan tombol huruf di keyboard QWERTY? ini QWERTYUIOP ASDFGHJKL ZXCVBNM. Tidak beraturan bukan. Mengapa tidak dibentuk sesuai huruf ? Nah berikut ini ada sejarah Mengapa Susunan Keyboard Komputer QWERTY.

Mengapa Susunan Tombol Huruf Keyboard Komputer QWERTY?

Urutan tombol huruf pada keyboard yang kini  ialah QWERTY. Disusun seperti tersebut karena pencipta mesin ketik kesatu Christopher Latham Sholes (1868) memandang rangkaian begini lah yang sangat rumit dan berantakan. Kenapa dibikin acak acakan? Menurutnya, pemakai mesin ketik pada waktu tersebut dapat mengetik dengan paling cepat andai susunan huruf nya cocok huruf . Maka dari itu, ia mengacak rangkaian supaya orang orang yang menggunakan mengetik dengan lebih lambat

Lalu, bilamana mengetik dengan cepat, apa masalahnya ya? Jaman dulu, masih memakai mesin ketik. Kalau terlampau cepat mengurangi tombol dengan pindah pindah (mengetik) sering menyebabkan batang batang huruf yang menghentak pita merasakan kegagalan mekanik. Sebab, saking cepatnya ini memunculkan jarum jarum tinta menjadi saling berhubungan dan melilit.

Nah, sebab masalah tersebut, Christopher Latham Sholes memiliki sebuahgagasan untuk menciptakan orang mengetik dengan lambat dan berhati hati dengan mengacak acak rangkaian tombol huruf. Dan tombol QWERTY ialah urutan tombol yang sangat rumit menurutnya. Maka dari tersebut sampaikini susunan keyboard ialah QWERTY.

Sebenarnya tak lama sesudah susunan QWERTY, hadir lagi rangkaian yang katanya lebih tepat guna pada tahun 1940 yang mempunyai nama DVORAK oleh Dr. August Dvorak. Keyboard ini pun sudah masuk ASK (American Simplified Keyboard). Tapi ternyata, DVORAK me sti mengalah pada QWERTYsebab sudah terlalu tidak sedikit yang gunakan atau istilahnya telah mendominasi. Keyboard DVORAK mempunyai sejumlah versi dan saya tunjukkan lewat gambar dibawah

Susunan Keyboar Dvorak

Jadi, sebab saya telah terlalu akrab dengan papan keyboard QWERTY, saya bakal memilih guna tidak mengganti rangkaian nya lagi. Bisa dapat dari cepat, sekarang justeru lambat proses saya mengetik. Itulah artikel pada hari ini yang berjudul Mengapa Susunan Tombol Huruf Keyboard Komputer QWERTY?

semoga  menambah wawasan anda :).

Thanks for reading Mengapa Susunan Tombol Huruf Keyboard QWERTY?

Related Posts

Your Comments

No comments:

Post a Comment

Cari Wacana

Follow by Email

Copyright © Titik Wacana. All rights reserved. Template by CB Blogger