Tuesday, February 25, 2020

Cara Menggunakan Aplikasi Litchi Drone DJI dan Membuat Missi Dengan Setting Waypoint

February 25, 2020
Cara Menggunakan Aplikasi Litchi  Drone DJI dan Membuat Missi Dengan Setting Waypoint-
Saya akan membagikan pengalaman pribadi saya menggunkan Litchi untuk melakukan pengambilan gambar atau video.

Aplikasi Litchi sangat bermanfaat untuk membantu pekerjaan, yaitu fungsinya untuk melakukan otomatisasi dalam pengendalian pesawat tanpa awak atau drone bahasa keren nya bisa disebut dengan autopilot. apalagi kalau digunakan untuk mengabil video sebuah proyek yang setiap minggu harus mengambil video progress pekerjaan.
aplikasi ini berbayar, bisa di gunakan di android maupun IOS.

dengan melakukan pengaturan awal membuat misi litchi yaitu memberikan titik titik waypoint kita tidak perlu repot-repot lagi untuk mengontrol drone kita, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial atau cara untuk Membuat misi litchi dan setting waypoint menggunakan aplikasi litchi untuk drone DJI. DJI Mavic/Phantom/inspire/Spark.

Drone yang saya gunakan adalah DJI PHANTOM 4.

saya melakukan penyesuaian waypoint menggunakan pc.

pergi ke halaman resmi LITCHI https://flylitchi.com/hub.
buat akun terlebih dahulu atau login menggunakan email atau facebook

buka menu litchi mission hub
kalian akan di alihkan ke halaman seperti ini







pilih new mission yang berada pada bawah pojok kiri.

jangan bingung untuk memilih lokasi yang akan di kasih titik waypoint bisa menggunakn search pada peta dan lakukan penyesuaian, apabila kalian mempunyai titik koordinat maka akan lebih mudah dalam memasukannya.


gambar dia atas adalah contoh misi atau waypoint litchi yang sudah saya buat, saya memasukan data mengunakan koordinat latitude dan longtitud, secara otomatis titik yang di klik di sembarang tempat akan pindah ke koordinat yang di masukan,



saya memiliki 6 waypoint, atau 6 titik dimana titik 1 adalah awal dari mulainya misi, drone akan memulai misi dari waypoint 1.

penjelasan gambar diatas:
waypoint (wp).

wp 1
- koordinat longtitude dan latitude sudah saya isi berdasarkan data dari para surveyor, karena kebetulan saya sedang mengerjakan proyek jalan tol

-altitude : merupakan ketinggian Drone saat berada di wp1. saya berikan 75 m ketinggianya
-speed : cruising, artinya menyesuaikan saja dari kemampuan drone, biasanya rata rata berada di kecepatan 24 km
-heading: biarkan saja tanpa di ubah
-action : perintah drone saat berada di wp 1, yaitu saya perintahkan untuk melakukan perekaman.

begitu seterusnya sampai mempunyai wp 6, 

biasanya perintah untuk wp 6 yaitu waypoint terakhir saya isi dengan action: stop recorded

dan untuk finish action saya akan memberikan perintah drone kembali ke Home Point. yaitu titik awal dimana kalian menerbangkan drone.

ketika sudah membuat Misi tersebut menggunakan pc atau website resmi litchi langkah selanjutnya adalah dengan menyimpan misi tersebut.

misi tersebut saya beri nama MISI 1 FIX. nanti akan otomatis muncul di handpone kalian ketika mau Load Mission.

kalau ada pertanyaan silahkan isi komentar:)


Thanks for reading Cara Menggunakan Aplikasi Litchi Drone DJI dan Membuat Missi Dengan Setting Waypoint

Related Posts

Your Comments

1 comment:

Cari Wacana

Copyright © Titik Wacana. All rights reserved. Template by CB Blogger