KENAPA
PENUMPANG PESAWAT DILARANG BERPINDAH-PINDAH KURSI? ketika kita akan terbang
di pesawat nah, ini banyak sekali orang yang bertanya guys pada dasarnya, semua pesawat itu dibuat dengan limitasi guys misalnya pesawat ini, tidak boleh
diterbangkan lebih dari kecepatan
tertentu dan tidak boleh diterbangkan kurang dari kecepatan tertentu.
pesawat terbang |
Kalau kita terbangkan lebih dari kecepatan
tersebut, pesawat ini
"airframe"-nya, rangkanya tidak
kuat menahan dan terancam kerusakan
struktural itu sangat mengkhawatirkan
guys, itu nggak ada obat jangan sampai juga, menerbangkan pesawat dibawah dari kecepatan tertentu karena dia terancam kehilangan daya angkat dan 𝘴𝘵𝘢𝘭𝘭 itu namanya jatuh seperti
Jatuh, nggak bisa disetir lagi 𝘧𝘭𝘪𝘨𝘩𝘵
𝘤𝘰𝘯𝘵𝘳𝘰𝘭-nya
diputer-puter juga nggak efektif karena limitasi itu dibuat untuk dijaga karena setiap pesawat memiliki bentuk yang
berbeda karena bentuknya berbeda, juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda ada yang 𝘴𝘵𝘢𝘭𝘭
di kecepatan tertentu, ada yang 𝘴𝘵𝘢𝘭𝘭
di derajat kemiringan tertentu, macam-macam lain pesawat, lain kita nggak bisa beri perlakuan yang sama kita bicara limitasi yang utama adalah 𝘞𝘦𝘪𝘨𝘩𝘵
𝘢𝘯𝘥
𝘉𝘢𝘭𝘢𝘯𝘤𝘦 (Berat dan Keseimbangan).
Nah ini merupakan topik yang sangat penting bagi seorang pilot mulai dari siswa pilot, pilot komersil, ataupun 𝘈𝘪𝘳𝘭𝘪𝘯𝘦
𝘛𝘳𝘢𝘯𝘴𝘱𝘰𝘳𝘵
𝘗𝘪𝘭𝘰𝘵 seperti saya, kapten di pesawat-pesawat besar 'Weight and Balance' tidak akan pernah
berubah di dalam 'Weight and Balance',
kita memiliki dua aspek yang utama dan
terpenting ketika kita harus
mengkalkulasi apa yang ada di dalam
pesawat kita kita harus ketahui berapa
beratnya, kita harus ketahui juga, di
mana CG-nya ( 𝘊𝘦𝘯𝘵𝘳𝘢𝘭
𝘰𝘧
𝘎𝘳𝘢𝘷𝘪𝘵𝘺
- pusat gravitasi ) karena kita akan
memiliki berat maksimal untuk terbang berat
maksimal untuk mendarat meskipun itu
angkanya berbeda begitu pula dengan CG, 𝘊𝘦𝘯𝘵𝘳𝘢𝘭
𝘰𝘧
𝘎𝘳𝘢𝘷𝘪𝘵𝘺 ada maksimalnya dan minimalnya untuk 𝘵𝘢𝘬𝘦
𝘰𝘧𝘧 dan juga ada maksimal dan minimalnya untuk 𝘭𝘢𝘯𝘥𝘪𝘯𝘨.
Kalian sudah ketahui sekarang, pesawat ada limitasinya nah bagaimana seorang pilot menjaga muatan pesawatnya agar jangan sampai terlalu berat di belakang ataupun berat di depan apa sih yang dikhawatirkan oleh seorang pilot ketika mereka terbang keluar dari CG misalnya???
Ketika pesawat 𝘵𝘢𝘬𝘦
𝘰𝘧𝘧 kalau pesawat itu muatannya berat di
belakang, dan kelebihan beban ketika pesawat itu 𝘵𝘢𝘬𝘦
𝘰𝘧𝘧, dan entah bagaimana dia terkena 𝘴𝘵𝘢𝘭𝘭 input 𝘧𝘭𝘪𝘨𝘩𝘵
𝘤𝘰𝘯𝘵𝘳𝘰𝘭
kita, kita dorong untuk keluar dari
kondisi 𝘴𝘵𝘢𝘭𝘭 itu itu sangat berat, bahkan tidak mungkin karena pesawat ini sudah terlalu berat
belakang apapun yang kamu buat, tidak bisa menyelamatkan pesawat itu nah, itu yang kita khawatirkan keseimbangan gravitasi ini jangan sampai ada di tempat yang salah di mana sih tempat keseimbangan yang
seharusnya?
Tempat keseimbangan
seharusnya adalah selama itu di dalam
limitasi nah itu saja jawabannya selama itu di dalam limitasi, kita bisa mengoperasikan pesawat ini dengan
baik berikut juga kepada pilotnya ketika CG tertentu, kita harus menambahkan kecepatan kita kita juga harus mengurangi, misalnya 𝘧𝘭𝘦𝘹𝘪𝘣𝘭𝘦
𝘵𝘦𝘮𝘱𝘦𝘳𝘢𝘵𝘶𝘳𝘦-nya, ini salah satu prosedur bagi pilot yang untuk dilakukan di depan tapi terlepas dari itu kita harus menjaga limitasi mulai dari berat dan titik pusat gravitasi bicara mengenai berat, seperti yang saya informasikan kepada kalian bahwa ketika kita 𝘵𝘢𝘬𝘦
𝘰𝘧𝘧 bisa saja kita memiliki berat maksimum yang
berbeda misalnya di pesawat Airbus, ada
yang 73.500 kg dan limitasi 𝘭𝘢𝘯𝘥𝘪𝘯𝘨,
tidak boleh kurang dari misalnya 64.500
kg ada juga yang 66 ton.
tergantung dari sertifikasi dari pesawat
tersebut makanya kalian bisa melihat ya, bahwa pesawat itu terbang didalam koridor limitasi yang sudah dibuat oh ya guys,
Nah
jadi alasan utama kalian tidak boleh berpindah-pindah
tempat ketika akan 𝘵𝘢𝘬𝘦 𝘰𝘧𝘧
adalah dikhawatirkan yang tadinya sudah ada orang yang menjaga misalnya seorang 𝘓𝘰𝘢𝘥
𝘔𝘢𝘴𝘵𝘦𝘳
sudah menentukan nih kargo ini
ditempatkan di kompartemen depan lalu
kargo ini yang ringan di belakang, karena
penumpangnya di sini, supaya dia
seimbang supaya titik (gravitasi)-nya di
tengah, maju dikit oke lah, itu sudah diatur dengan baik namun apabila kalian berpindah-pindah tempat
sendiri bisa saja CG ini, 𝘛𝘩𝘦 𝘊𝘦𝘯𝘵𝘳𝘢𝘭
𝘰𝘧
𝘎𝘳𝘢𝘷𝘪𝘵𝘺 yang sudah ditentukan oleh 𝘓𝘰𝘢𝘥
𝘔𝘢𝘴𝘵𝘦𝘳
itu keluar dari limitasi dan berakibat
fatal guys jadi guys,
semoga informasi
ini dapat mencerahkan kalian dan memberikan informasi seputar Dunia Penerbangan
source:https://www.youtube.com/watch?v=2I6lONHiBKw
Thanks for reading Kenapa Penumpang Pesawat Dilarang Berpindah-Pindah Tempat Duduk
No comments:
Post a Comment